Tahukah kamu tentang negara Aljazair, Arab Saudi, Bahrain, Comoros, Djibouti, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Libanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab dan Yaman? negara-negara tersebut mendiami jazirah Arab atau semenanjung Arab. dimana kawasan tersebut secara letak geografisnya dikelilingi oleh padang pasir dan lautan luas. Sementara negerinya gersang tidak dialiri oleh sungai dan juga tidak mendapatkan siraman air hujan dengan teratur kecuali negeri Yaman. Oleh karenanya kebanyakan penduduknya harus hidup berpindah-pindah.

Asal mula Bangsa Arab

Bangsa Arab adalah salah satu dari bangsa Semit, bangsa besar keturunan Saam bin Nuh as. Bangsa Arab mendiami daratan yang dinisbahkan kepada bangsa mereka, yaitu jazirah Arab. Mereka terdiri dari tiga bagian, yakni :

    1. Bangsa Arab yang telah punah

Bangsa Arab pada bagian ini terdiri dari kaum ‘Ad, Tsamud, Tasm, Jadis, ‘Imliq, Jurhum dan Wabar. Tidak banyak dari bangsa tersebut yang termuat dalam sejarah kecuali yang tertulis dalam al-Qur’an dan Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

    1. Bangsa Arab campuran

Bangsa Arab campuran ini berasal dari keturunan Qahtan. Garis keturunan Qahtan ialah keluarga yang datang dari sebelah timur sungai Euprhat, lalu bertempat tinggal di Hadramaut dan Yaman bagian selatan semenanjung Arabia.

    1. Bangsa Arab pendatang

Sedangkan bangsa Arab pendatang berasal dari garis keturunan Adnan yang mendiami Makkah dan negeri-negeri disekitarnya. Mereka adalah keturunan nabi Isma’il as. bin Ibrahim as. Yang datang ke Makkah dan mendirikan Ka’bah. Dari keturunan Adnan ini lahirlah beberapa suku, diantaranya adalah Kinanah yang darinya lahir suku Quraisy.

Dan sanalah asal mula bangsa Arab beserta tiga bagiannya. Wallahu a’lam bishawab.

Yuk kita belajar mengenai Budaya Arab lainnya di artikel yang akan datang.

Sumber referensi artikel : buku Tarikh Islam untuk kelas 1 KMI PMDG

Leave a Comment