Tahukah kamu siapa Utsman Bin Affan?

Beliaulah khalifah yang membukukan Qur’an pada masa pemerintahannya, sehingga umat Islam dapat memelihara dan menjaga keaslian Qur’an hingga kini. Selain Qur’an, Utsman Bin Affan memiliki keistimewaan lainnya sehingga Beliau termasuk dalam 10 sahabat Rasulullah ﷺ yang dijamin masuk surga. Karenanya yuk kita belajar tentang biografinya secara singkat.

Utsman Bin Affan lahir pada tahun 577 H di Makkah. Nama lengkapnya ialah
Utsman bin Affan bin Abi Ash bin Umayah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf al Umawy al Qurasy. Ayahnya, Affan, meninggal diusia muda dan meninggalkan Utsman dengan warisan yang banyak. Utsman pun menjadi pedagang sebagaimana ayahnya, bisnisnya pun berkembang pesat sehingga membuat Utsman menjadi salah satu orang terkaya di bani Quraiys.

Utsman sejak kecil telah mendapatkan pendidikan yang layak, bahkan Beliau telah belajar membaca dan menulis sejak usia yang masih belia. Utsman juga termasuk As-Sabiquun Al-Awwalun, orang yang terawal masuk Islam. Kepribadian Utsman merupakan gambaran dari seorang muslim yang berakhlakul karimah. Rasulullah ﷺ pun mencintai Utsman karena akhlaknya. Mungkin karena alasan inilah mengapa Rasulullah ﷺ mengizinkan Utsman untuk menikahi dua putrinya.

Pertama Ruqayyah binti Rasulullah ﷺ, yang sebelumnya diceraikan oleh anak Abu Lahab karena Rasulullah ﷺ menyampaikan kebenaran. Utsman dan Ruqayyah berhijrah ke negeri Habasyah. Lalu setelah Ruqayyah melahirkan, Utsman dan keluarga kecilnya kembali berhijrah ke Madinah setelah sebelumnya sempat ke kota Makkah. Suatu ketika, Rasulullah ﷺ memerintahakan para sahabat untuk bersiap pada perang Badr. Utsman pun ingin mengikuti perintah tersebut, namun Rasulullah ﷺ dengan khusus memerintahkan Utsman agar tetap tinggal di Madinah untuk merawat Ruqayyah yang sedang sakit. Ketika pasukan muslim merayakan kemenangan atas perang Badr, Utsman justru berduka karena Ruqayyah menghadap sang Khaliq.  

Kurang lebih setahun kemudian, Utsman menikahi Ummu Kaltsum binti Rasulullah ﷺ . Pernikahan tersebut bertahan sekitar 5 tahun dikarenakan Ummu Kultsum meninggal. Karena sebuah kehormatan besar dapat menikahi dua anak Rasulullah ﷺ inilah Utsman terkenal dengan sebutan Dzun Nur’ain atau pemilik dua cahaya.

Ada sebuah kisah tentang kedermawanan Utsman dimana ketika Rasulullah ﷺ menawarkan untuk membeli sebuah sumur yang dimiliki oleh seorang Yahudi.

Rasulullah ﷺ bersabda; “barangsiapa yang dapat membeli sebuah sumur yang dimiliki Raumah untuk dijadikan telaga  kaum Muslimin”. Maka Ustmanlah yang dapat membelinya (HR. Ahmad, Nasai dan Tirmidzi)

Diriwayatkan dari oleh Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitab Musnadnya dari Yunus bahwa ketika Al-Hasan ditanya tentang orang yang beristirahat pada waktu tengah hari di masjid? maka ia menjawab, “Aku melihat Utsman bin Affan beristirahat di masjid, padahal beliau sebagai khalifah, dan ketika ia berdiri nampak sekali bekas kerikil pada bagian rusuknya, sehingga kami berkata, “Ini Amirul Mukminin, Ini Amirul Mukminin.”

Wallahu a’lam bishawab.

Semoga kita dapat meniru akhlakul karimah yang dimiliki oleh Utsman bin Affan , menantu kesayangan Rasulullah ﷺ ini ya.

Leave a Comment